Modul-Modul ERP (Enterprise Resource Planning)

https://www.erp-system.de/wp-content/uploads/2016/03/module-erp-system.png

1).Sekilas tentang ERP
      Sistem ERP merupakan paket software yang didesain pada lingkungan client-server baik berbasis dekstop ataupun berbasis web yang mengintegrasikan seluruh proses bisnis yang ada serta memproses seluruh transaksi organisasi perusahaan dengan menggunakan database skala enterprise sebagai tempat penyimpanan datanya.

2). Modul-modul ERP
      Secara modular, ERP terdiri atas tiga modular utama yaitu : modul operasi , modul akunting dan finansial serta modul sumber daya manusia. Berikut ini penjelasan dari setiap modulnya :

      a). Modul Operasi, terdiri atas :
  • General Logistik, adalah proses aliran pendistribusian yang efisien dalam pemnyimpanan barang dari titik asal / titik prosuksi ke titik konsumsi. Modul ini juga terintegrsi dengan modul lainnya,misalnya production & planning, enterprise controlling, dll. 

  • Sales and Distribution, merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sales lebih menitikberatkan pada pencarian pasar dan produk. Sedangkan distribution difokuskan pada penggunaan strategi yang sensitif terhadap perubahan yang terjadi di pasar. 

  • Material and Management, merupakan modul yang bertujuan untuk mengoptimasi semua proses yang terkait dengan perencanaan, pengadaan, pembelian, sampai penyimpanan material.
      b). Financial Accounting Module, merupakan inti/core atau dasar dari kebanyakan sistem software ERP. Karena Modul Finasial ini mampu untuk mengumpulkan data keuangan dari berbagai departemen fungsional, dan mampu untuk menghasilkan laporan keuangan yang sangat berharga . Beberapa fungsi financial accounting module :


·  Menghandle semua account yang berhubungan dengan masukan atau entri dan menghandel dampak dari entri tersebut terhadap system secara keseluruhan.
·  Mencatat semua proses keuangan yang masuk dan juga mencatat semua bagaimana keuangan tersebut digunakan.
·  Dengan adanya Modul ini, maka para pemilik perusahaan akan diberikan gambaran mengenai posisi keuangan meraka dan akan sangat membantu mereka dalam mengambil keputusan yang sifatnya sangat strategis.
·  Dengan adanya software finasial ini pula, manajemen dapat mengetahui kondisi finansial perusahaan mereka kapan saja dan dimana saja.
Modul Financial Accounting,terdiri atas beberapa submodul sebagai berikut :
  1. General Accounting adalah sebuah modul yang ditujukan untuk menyediakan pengukuran berkelanjutan terhadap keuntungan perusahaan. dan juga modul ini digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan berdasarkan pada data transaksi internal maupun eksternal.
  2. CO-Controlling berfungsi dalam Cavital Invesment , aktivitas keuangan perusahaan, pendanaan terhadap pembelian, pengadaan, penggunaan dana untuk setiap area dan pengendalian terhadap biaya serta profit yang berdasarkan semua aktivitas perusahaan.
  3. Invesment Management adalah modul yang digunakan untuk menganalisis kebijakan investasi jangka panjang dan fixxed assets dari perusahaan dan membantu menajemen dalam membuat keputusan.
  4. Enterprise Controlling berfungsi dalam memberikan akses bagi enterprise controoller mengenai hal-hal seperti; kondisi keuangan perusahaan, hasil dari perencanaan pengendalian perusahaan, investasi, maintenance aset perusahaan, dll.
  5. Treasury , modul ini berfungsi untuk mengintegrasikan atara cash management dan cast forecasting dengan aktivitas logistic dan transaksi keuangan.

       c). Human Resources Module, merupakan perluasan dari ERP module. HR modul memetakan secara tegas tentang managerial sumber daya manusia dan juga meletakkan tenaga kerja itu sebagai asset atau capital. HR modul secara rutin akan memaintain secara lengkap database kepegawaian termasuk diantaranya informasi informasi mengenai detail penggajian, data krhadiran pegawai, data evaluasi performance karyawan, dan data promosi karyawan. Pada dasarnya Modul ERP ini memiliki sebuah software khusus yang mengintegrasikan semua informasi dari berbagai macam aplikasi yang disatukan kedalam sebuah database.

Rekomendasi Software ERP 

 Jadi Software ERP sangatlah penting dan sangat berguna bagi perusahaan Anda yang belum memakainya, Jika Anda ingin membeli Software ERP saya merekomendasikan untuk menghubungi Amanah Solution, selain menjual Software ERP Amanah Solution juga menjual beberapa produk Software seperti Software Inventori, Software Akuntansi, Software Invoice, Custom Software, dll.
Anda tidak perlu ragu untuk membeli produk dari Amanah Solution karena Amanah Solution dapat mengembangkan Software sesuai dengan kebutuhan / keinginan Anda, dan Amanah Solution akan membimbing Anda dalam menjalankan Software sampai bisa / menguasai.

 Di bawah ini adalah kontak Amanah Solution :

TELEPON/ SMS/ WHATSAPP  : 081216309410.
EMAIL: amanahsolution@yahoo.com,  admin@amanahsolution.com
SITE : http://manufaktur.amanahsolution.com
ALAMAT: Palazzo Park B-5039 Sidoarjo
FACEBOOK: facebook.com/AmanahSolution

Komentar